Kata Sambitan...


Saya pernah sekolah kedokteran, tapi terus lulus di manajemen, dan sekarang jadi abdi negara di salah satu instansi negeri berjudul Universitas.
Di universitas ini saya hidup sendirian selama enam bulan terakhir, alias single fighter (kayak spiderman gitu!) karena saya baru dimutasi dari staf humas jadi asisten senat yang emang cuma kerja sendirian aja. Emang sih, nama jabatannya keren dan intelek, cumannya ngurusin 66 orang profesor (yang nambah terus tiap taonnya) bikin saya jadi rada-rada pinter dan terjerumus dalam jurang nista keseriusan, malah bikin rambut saya rontok dan andeng2 saya hampir copot!
Ada sih temen-temen di bagian laen yang akrab sama saya, tapi sekarang saya rada ga punya waktu buat bergaol kek dulu, malah bisa dibilang imun sama manusia. Sekalinya keluar kandang (baca : ruangan) malah suka ketularan penyakit, ya herpes lah, pilek lah, panu lah, jadi mah sekarang saya begaol sama berkas n komputer aja.
Alhamdulillah banget, saya punya otak kanan rada penyok, jadi saya sering menikmati hidup dari sisi otak yang penyok itu, sama keluarga, sahabat-sahabat dan binatang piaraan saya....


it's my kacrut life

The Squad of...

Senin, 08 Agustus 2011

Dongeng (ga bisa) tidur: Sotoy Story of Princess Gula Jawa (part 2-end)

Ira ga ngebiarin gue tidur dengan tenang, dia mengutus para upil (anak dan ponakan2) untuk ngerusuh di kamar gue.

Oke... oke... gue lanjutin ceritanya....

Muzzzzzziiiiikkkkkkk (stel lagu gendang dan suling ala sunda)

---
Setelah Ebot menguras bak dolphin di atap rumah, Ebot kemudian masak didapur. Menu kali ini adalah buntut ikan peda asam manis, pepes orong-orong dan sayur kecubung (jontor jontor dah tuh bibir). Sementara kedua saudara angkatnya (Nyus & Nyama) berleha-leha santai sambil ngisep es orson dan berjemur di teras puri mereka. Wew, udah mirip ikan asin aje tuh dua orang!

Sore ini mereka akan ikut kendurian di kecamatan sebelah. Katanya sih ada anaknya pak camat mo nyari istri. Karena Nyus belom nikah, secara si Nyama juga masih kutil (baca : belum cukup umur), kedua sodara yang kejam itu sepakat bahwa anaknya pak camat akan tertarik sama Nyus, Nyama mah bertugas sebagai kompor ajaaa...

Diem-diem, Ebot juga berminat sama anaknya pak camat. Lumayan juga jadi mantu pak camat, paling nggak dia bisa punya gelar M.Pc. Mantu Pak camat... huehuehueeee....

"Ebooooooot.... pokoknya baju pesta aku musti siap ya!" kata Nyus
"Mau pake baju warna apaaa?" Balas Ebot
"Yang ijooo, ada bulu-bulu di keteknyaaa..." jawab Nyus lagi
"Itu kan warnanya coklat, nyus,"
"Ijo," balas Nyama
"Coklat!"
"Ijooooo"
"Coklaaaaaaaaaaattttt...."
"Huh! keras kepala banget sih, terserah deh mau gimana, pokoknya itu harus jadi ijo!" Nyus dan Nyama ngeloyor pergi, ga mau tau.
"Hah?!" Ebot melongo. Tapi emang pada dasarnya dia punya otak lumayan pinter, dia terus menyepuh gaunya Nyus dan Nyama pake wantex warna ijo. Sayangnya, wantex-nya abis, akhirnya dia nyelupin baju2 itu ke rendeman kolang kaling warna ijo...

----
*Ira protes : jaaah! orang mah jahat kalo makanan dipake sepuhan baju, kok ini baju pake sepuhan makanan
*Gue jawab : Ih, suka-suka gue dong, gue kan orang yang jujur dan ga mau ngeracunin orang!
*Ira menyerah : Baiklah....
-----

Sorenya, setelah semuanya beres, Nyama dan Nyus akhirnya berangkat ke acara pesta dansa di kecamatan. Dua-duanya udah ijo, kayak ulet keket.
Ebot ga mo kalah dooong, dia manggil ibu peri pake periwitan pramuka. Dan ikut berangkat ke alun-alun kecamatan. Dia naik kereta kuda dari ketimun, pakai gaun Coco Channel dan sepatu Kelme, karena abis dari kendurian dia mau maen futsal sama anak-anak karang taruna erwe.

Sesampainya di alun-alun kecamatan, Ebot terpana dengan penampilan alun-alun yang mempesona. Semuanya dihias bagai menerimanya dengan lampu-lampu dan bunga. Kereta-kereta kuda terparkir rapi di pinggir alun-alun, bahkan para tukang parkir pun memakai stelan tuksedo dan dasi kupu-kupu.

Para putri-putri bangsawan mengenakan pakaian terbaik mereka. Makanannya enak-enaaaak. Si Nyama udah mulai ngegares donat dan eskrim di pojok sana, maklum, walaupun tingkahnya menyebalkan, tapi si keriting itu memang putri bangsawan ternama di negeri ini. jadi wajar-wajar aja kalo ga punya adat, Nyus beda lagi, dia melongo nongkrong di tangga kantor kecamatan, pasti dia mau nunggu cowok yang ngajakin dia dansa. Cih, ga mungkin lah ya! gayanya kayak satpam gitu!
 Para pria pun nggak kalah aduhai, semuanya semerbak wangi. Ebot jadi bingung, pangerannya yang mana ya?
Mmmm... Mmmmmmh.... mmmm.....
---
*Ira : Kok berenti lagi?
*Gue : bingung euy, sapa ya pangerannya?
*Ira : ya ka ikhsan dooong (Suaminya)! dia kan cocok banget jadi pangeran. Ganteng, baik, sopan, jenggotan pula (ngelirik ka Iksan yang lagi pake cem-ceman penumbuh rambut di jenggotnya)
*Gue : Yeaaaks... nehi lah yaaa!
*Ira : Yaudah, temen kantor lo ajaaaaa... ada kan tuh yang kasep tea,
*Gue : okehlah! (siap-siap ngetik, sambil mikirin korban pas untuk cerita ini : Siswanto!)
*Siswanto (lagi maen tornado di dufan, langsung ngrasa nggak enak) : Tidaaaaaaaaaakkkk! jangan sebut-sebut namaku dalam blog mu lagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.....
----

Baiklah pemirsa, kali ini kamera zoom out ke arah pangeran.
Pangeran (baca : anaknya pak camat) adalah cowok berbodi ceking, bergaya koboi dengan rambut senen kemis dan bersusunan gigi hiruk pikuk. Kali ini pangeran turun dari balkon istana (baca : kecamatan), celingukan nyari mangsa yang bisa dijadiin istri.
Pangeran Sis yang ngaku-ngaku sohib kentelnya pangeran William itu nyariin Nyus, kebetulan mereka emang sealmamater waktu kuliah  di Universitas Ilmu Sihir, kakak kelasnya Harry Potter loh. Diem-diem Pangeran Sis emang naksir sama Ebot, yang diaku-aku Nyus sebagai pembokatnya. Dia lalu berbisik pada ajudannya, yang sebenernya adalah bendahara kecamatan.
Pangeran : Para pembokat diundang nggak?
Bendcam : Ya kagak lah, Pang! Ini kan pestanya kaum bangsawan! lagian ente ga lepel sama pembokat!
Pangeran : Yeee... pembokat yang ini beda, bend! Cuwiwiw deh pokoknyaaa!
Bendcam : Tetep aja, pembokat!
Pangeran : Udah, ente cariin si Nyus gih! Kalo ketemu, tangkap dia, bawa ke hadapan ane!
Bendcam : Waduh, mo diapain Nyus, Pang? Doi kan ga salah!
Pangeran : Mo gue jadiin kambing guling! Dia kan montok.. huehuehue...
Bendcam : Jangan Pang! Gitu-gitu doi pernah minjemin tip ex waktu ane lagi tes pe en es!
Pangeran : Udeeeh, buruan dah cariin si Nyus!
Dengan berat hati si Bendahara kecamatan meninggalkan sang pangeran untuk mencari Nyus.

Nyama buru-buru ngedeketin Mpoknye.
Nyama : Nyus, itu pangerannya. Iiiih... alay bangettt! kayak personel sm*skhhh...
Nyus : Ow mai goat! itu kan Siswanto Ajegile! temen kuliah gue. Hayo Nyam, kita pulang ajaaa... perasaan gue ga enak nih!
Saat terburu-buru begitu, mereka bertabrakan dengan seorang cewek negro bergaya berbalut Channel, dialah Ebooot!
Nyama & Nyus : Eboooootttt?!
Ebot : Duileh, kek sinetron aje!
Pletak! Si Ebot dijitak Nyama sampe kondenya miring.
Nyama : Lo bukannya jagain rumah, malah jalan-jalan kesini lagi!
Ebot : Hiii... rumah kita mah kaga usah dijagain, yang bisa diambil juga cuman piring kaleng doangann!
Nyus : Terusnya, lo ngapain kesini?
Ebot : Mau ngeceng duoong! sapa tauu bisa jadi mantu pak camat!
Nyama : Ngimpiiii!

Bruk... bruk... brukkk... blugh!
Sesosok semut rangrang menabrak gerombolan itu (huh, ini kayak sinetron banget sih, tabrak-tabrakan gituuuu). Dia adalah si Bendcam.
Angin menyibak rambutnya Nyus yang kruwel-kruwel, poninya melambai begitu mempesona. Matanya dipoles bubuk mutiara sampe cling, pipinya merona segar, bibirnyaaaa... wow, bibirnya si Nyus kok dower gitu? dia abis diantup tawon kali ya? Pokoknya si bendcam a.k.a penasihat istana sampe termehek-mehek deh. Apalagi mereka emang pernah menyimpan romantisme masa lalu, saat dua-duanya ikut les sempoa di kumon sampe bareng-bareng ikutan tes pe en es, walopun si Nyus ga lulus.
Bendcam : Nyuuussss.... (ada lope-lope dimatanya)
Nyus : Si... si...situ siapa?
Bendcam : Ane... anee... Rojak, bendahara kecamatan....
Nyus : Hooo... ya... ya...!
Bendcam : Nyus... kamu dicariin sama pangeran Sis, katanya mau diguling-guling sama kambing. Kamu harus pergi sejauh-jauhnya, kalo perlu pindah! karena dendam Sis lebih parah daripada kecoa nelen baygon...
Nyus, Nyama & Ebot : Glek...
Bendcam : pergilah... pergiii.... aku titipkan cintaku Nyuuuussss...
Huuuuuuuweeeeeeekkkk *penonton nimpukin tisu bekas sama kulit kacang*
Mereka lalu berlari keluar alun-alun.
Ebot : Masa sih Pangeran separah itu? ngosh... ngosh...
Nyus : Lebih parah dari ituuuu! ngosh... ngosh...
Ebot : ngosh... ngosh... kalo dia jahat, ngosh... ngosh...kenapa banyak gadis yang berebutan?
Nyus : dia bukannya jahat... ngosh... ngosh...Tapi... 
Ebot : trus ???

Belum sempat Nyus menjawab saudara angkatnya
Jreng jreng jreeeeeng....!
"Tangkap tiga wanita ituuuuuuu!" teriak Siswanto dari balkon istana.
Para pengawal menyerbu ketiganya. diujung sana, Rojak sang Bendcam teriak-teriak.
Nyus : Ampun pangeran... ampuuun... kalo pangeran mau sama si Ebot, silakan saja...
Pang : Hua hua huaaa... bagussss... kalo gitu, saya akan melamar ebooot. dan kamu tak bisa lagi menyiksanya.
Ebot menengadahkan wajahnya, menatap calon suaminya untuk pertamakali...... *musik romantis mode : on*
Ebot : Whuaaaks! Nggaaak... nggaaaaak! lebih baik aku matiiiiiii!
Nyus : lho, kenapa ebot?
Ebot : aku tau dia tidak jahat... tapiii... mukanya itu looh!

Ya... pangeran memang tidak jahat, tapi mukanya jelek!

Pangeran langsung merosot terngkurep di tanah. Dia putus asa. Genap 8957 kali dia ditolak, agaknya mukanya yang ruwet itu memang musti diruwat.

Endingnya tau kaaan? Ga usah diceritain lah. Penulisnya juga udah mau tidur.

THE END ~ fin

---
Ira : loh... loh ga seru amat?!
Gue : Zzzz
Ira : Trus gimana jadi putri gula jawa?
Gue : Yaudah, si Ebot akhirnya nikah sama juragan gula jawa...
Ira : Laah! Trus.. Pangeran Sis gimana?
Gue : Kayaknya dia konsul ke psikiater
Ira : Emang dia jelek banget ya?
Gue : Nggak banget-banget sih, tapi mukanya itu bikin kucing mencret!
Siswanto (Kali ini lagi naek karusel di dufan) : Pengkhianaaaaaaaaaaaaattttttttt! tunggu pembalasanku...! ctarrrr!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar