Kata Sambitan...


Saya pernah sekolah kedokteran, tapi terus lulus di manajemen, dan sekarang jadi abdi negara di salah satu instansi negeri berjudul Universitas.
Di universitas ini saya hidup sendirian selama enam bulan terakhir, alias single fighter (kayak spiderman gitu!) karena saya baru dimutasi dari staf humas jadi asisten senat yang emang cuma kerja sendirian aja. Emang sih, nama jabatannya keren dan intelek, cumannya ngurusin 66 orang profesor (yang nambah terus tiap taonnya) bikin saya jadi rada-rada pinter dan terjerumus dalam jurang nista keseriusan, malah bikin rambut saya rontok dan andeng2 saya hampir copot!
Ada sih temen-temen di bagian laen yang akrab sama saya, tapi sekarang saya rada ga punya waktu buat bergaol kek dulu, malah bisa dibilang imun sama manusia. Sekalinya keluar kandang (baca : ruangan) malah suka ketularan penyakit, ya herpes lah, pilek lah, panu lah, jadi mah sekarang saya begaol sama berkas n komputer aja.
Alhamdulillah banget, saya punya otak kanan rada penyok, jadi saya sering menikmati hidup dari sisi otak yang penyok itu, sama keluarga, sahabat-sahabat dan binatang piaraan saya....


it's my kacrut life

The Squad of...

Rabu, 03 Agustus 2011

My Ervan.... (part 1)

Ervan, nama nggak penting itu selalu gentayangan di kepala gue.
Apakah gue jatuh cinta padanya? Ooo tentu tidak, karena kami sudah mencoba berkali-kali, bahkan sampai beratus-ratus kali untuk saling mencintai, tapi hasilnya NIHIL!

Siapakah Ervan?
Ervan adalah sebuah, seonggok, selembar, secuil manusia yang dalam beberapa tahun ini menjadi kiblat kekacrutan gue.

Tapi, Ervan adalah.... belahan jiwa gue! (posisi belahannya di sepertiga jempol kaki kiri)

Suatu hari, saat otak gue beku waktu ngerjain tulisan, tiba-tiba... ding! Dia kirim email, berupa tips menulis...

Ini isi e-mailnya :
Cekidot.....

Dear Nyuss...

Tips ini sudah diuji cobakan kepada 1000 monyet yang tersebar di seluruh penjuru kebun binatang di dunia. 

So, mudah2an dengan tips2 menulis ini dapat membantu kita untuk menjadi penulis yang produktif............ menghasilkan susu :P *Sapi kale...* 

Oke, here we go! pantengin aja neh eke mpunya kiat2 jitu :

1.       Sebelum nulis, jangan lupa cuci tangan, cuci kaki dan gosok gigi. Kenapa???  Karena menurut penelitian, orang yang berjiwa bersih akan lebih jernih dalam berpikir. Kembali lagi ke slogan "mensana en corpore sano" : di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Jadi kalau badan bersih, pikiran juga bersih.  Sehingga kita bisa menulis dengan tenang.

2.       Ketika hendak menulis jangan lupa makan secukupnya. Karena kalau menulis dalam keadaan lapar, yang kepikiran di kepala cuman makanan melulu bukan topik yang ingin ditulis.

3.       Tidur secukupnya juga perlu diperhatikan sebelum memulai menulis. Ntar kalau ngantuk jadinya malah molor, dan kita jadinya batal buat nulis.

4.       Untuk lebih menghayati isi tulisan, sebaiknya kita perlu mengalami sendiri seperti cerita yang kita tulis. Misalkan anda ingin menulis kisah tentang pembunuhan, maka jadilah pembunuh terlebih dahulu. Atau saat kita hendak menulis berupa fabel dongeng binatang, maka mulailah bergaul dengan hewan2 buas di hutan belantara. Pingin nulis horror? boleh2 aja.

5.       Siapkan alat2 tulis seperti pena, kertas, mesin tik atau komputer.Karena apabila yang  disiapkan cabe merah keriting, bawang merah n' putih garam secukupnya dan terasi bakar berarti kita mau bikin sambel ulek bukannya tulisan.

6.       Jangan pernah menulis sambil mengendarai sepeda motor, karena hal tersebut dapat membahayakan keselamatan kita maupun orang lain.

7.       Kalau hujan2 paling asik menulis sambil makan pisang goreng plus teh manis hangat. Hmm... yummy.

8.        Menulis di teriknya siang hari, bisa ditemani dengan es krim atau es buah segarrrr...

9.       Nah kalau menulis pas bulan Ramadhan, jangan nulis sambil makan- minum yah. Ntar batal loch puasanya.

10.    Jangah hanya menulis di dalam kamar atau ruangan kerja saja. Sesekali kita perlu pergi keluar untuk mencari inspirasi, misalnya ke Mangga Dua atau tanah abang. Disana kita bisa mencari ide sambil belanja - belanja. Baju2 disana murah2 loch, kualitas dan modelnya lucu2 bgt. Apalagi sepatunya, wih... gak kalah oke sama yang di mall2. Harganya juga lebih miring. Trus abis itu jangan lupa mampir ke Toko distro. Di sana model baju nya up to date bgt, sesuai trend. Bagus2 deh... Jadi penulis kan harus up to date dalam informasi, termasuk dalam urusan fashion ;)

11.   Sebagai penulis kita perlu banyak2 bergaul.Karena selain menambah wawasan, juga  dapat mempeluas jaringan pekenalan. So, bergaulah dengan mahluk dari berbagai golongan, agama, negara, suku, ras, jenis, alam.

12.   Jangan jadikan keterbatasan sarana menghambat kreatifitas kita dalam menulis. Tulislah dimana saja, kapan saja dan dengan apa saja ketika ide itu datang. Gak ada kertas, tembok pun jadi. Gak punya pena, batu pun boleh... 

13.   Banyak2 baca, dengan membaca akan mempengaruhi kualitas tulisan kita. Berlatihlah terus untuk menulis. Meskipun kita gak tahu mau menulis apa, yang penting nulis bow...

14.   Tanamkan pikiran jika menulis itu kegiatan yang mudah dan menyenangkan. 

Demikianlah kiat - kiat menulis dari gue, moga2 bermanfaat ..


Ps : Tulisan ini dibuat dengan metode "menulis dengan kedua belah otak": Otak waras sama otak gelo'.
U know mana hasil dari yang waras dan yg gelo'.
  
lope,Ervan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar