Kata Sambitan...


Saya pernah sekolah kedokteran, tapi terus lulus di manajemen, dan sekarang jadi abdi negara di salah satu instansi negeri berjudul Universitas.
Di universitas ini saya hidup sendirian selama enam bulan terakhir, alias single fighter (kayak spiderman gitu!) karena saya baru dimutasi dari staf humas jadi asisten senat yang emang cuma kerja sendirian aja. Emang sih, nama jabatannya keren dan intelek, cumannya ngurusin 66 orang profesor (yang nambah terus tiap taonnya) bikin saya jadi rada-rada pinter dan terjerumus dalam jurang nista keseriusan, malah bikin rambut saya rontok dan andeng2 saya hampir copot!
Ada sih temen-temen di bagian laen yang akrab sama saya, tapi sekarang saya rada ga punya waktu buat bergaol kek dulu, malah bisa dibilang imun sama manusia. Sekalinya keluar kandang (baca : ruangan) malah suka ketularan penyakit, ya herpes lah, pilek lah, panu lah, jadi mah sekarang saya begaol sama berkas n komputer aja.
Alhamdulillah banget, saya punya otak kanan rada penyok, jadi saya sering menikmati hidup dari sisi otak yang penyok itu, sama keluarga, sahabat-sahabat dan binatang piaraan saya....


it's my kacrut life

The Squad of...

Minggu, 17 Juli 2011

Sarimin pergi ke pasar....

Hari sabtu biasanya jadi hari suka-suka hati buat drakula yang sehari-hari nggak pernah ketemu matahari kayak gue. Biasanya abis sholat subuh gue lari pagi keliling blok rumah gue, abis itu cari nasi uduk ato bubur ayam, trus nonton pelem kartun deh sampe siang. Kaga mandi sampe zuhur, kaga perlu beberes rumah pagi-pagi, kaga perlu ngapa-ngapain deh.

Tapi hari ini ga kayak biasanya. Berhubung gue lagi gak sholat, gue tidur sampe siang soalnya badan rasanya lemes banget kayak abis diisep vampir . Nggak tau kenapa, tiba-tiba si mama minta ditemenin ke pasar. Kesel kali ya si mama anak gadisnya kayak kingkong yang masih nyungsep di kasur sambil gelap-gelapan.

Ngaku nih ya, ngaku... gue demen masak, tapi ga doyan *beneran* ke pasar. Dari kecil, setau gue yang ke pasar itu Sarimin, jadi sampe segede raksasa ini gue tetep berpikir kalo gue akan seperti Sarimin kalo ke pasar. Walopun sekarang ada yang namanya pasar modern, atau departemen stor kayak kerfur ato jaien, tetep aja gue kagak demeeeen banget ke pasar.(baca : pasar basah)

Baydewei, pasar di komplek rumah gue adalah perkumpulan tukang sayur yang sama pak erwe dibikinin lokalisasi di pojok komplek. Seinget gue, terakhir gue kesini sekitar enam bulan lalu, itupun cuma buat nemenin abang ipar gue beli kue pancong dan langsung ngacir. Kali ini gue harus ngawal si mama agak lama, soalnye si bapak mo masak buat acara kantornya.


Akhirnya, masih pake piyama, mama udah berhasil ngegeret-geret gue ke pasar.
Dengan cekatan, mama menyelusup diantara ibu-ibu, dan berhasil ke lapak sayur paporitnya : lapak Bang Jek!
Mama sibuk pesen ini itu ke Bang Jek, seru pilih ini itu, mencet-mencet daging, nyolek-nyolek ikan asin sampe ngobrol sama sebaskom jengkol. Gue mulai mencium bau pasar yang nggak enak, dan mendadak mual ketika ngeliat sebak besar lele yang meliuk-liuk kayak dewi persik goyang gergaji.
Tapi nggak lama, gue ketemu sama beberapa ibu tetangga yang belanja juga, mereka sih cuma nanya-nanya kayak biasa aja, dan cukup membuat gue melupakan rasa frustasi. Dan tiba-tiba aja, naluri gue sabagai antropolog (baca : pengamat orang) keluar secara ekstrim.
Menurut pengamatan gue. ada beberapa jenis orang ke pasar, yaitu sebagai berikut :




1. Warga Komplek = Tipikal ibu-ibu biasa. Terdiri dari emak-emak pake daster (ato piyama kayak gue) yang belon mandi, dan nyantai abis. Mereka ngepit dompet di ketek, dan akrab satu sama laen, termasuk pada ayam-ayam yang ada di kandang pojokan pasar. Ini sih idealnya para pembelanja, walopun para tukang sayur agaknya terintimidasi pada orang-orang ini, karena mereka bisa saling bahu membahu menawar harga sampai titik terrendah. contohnya emak gue waktu nawar ikan tuna :
Emak gue : Harganye berape, Jek?
Jek : 50rebu Bu...
Emak gue : Mahal bet daaah... 30 aje yeee...
Jek : Buset buu, bekurangnye jauh bener! 48 deh...
Emak gue : 29!
Jek : 47 setengah
Emak gue : 28! Titik!
Jek : *Angkat golok*
Emak gue : Bu Sofyan, Bu Gofar, Bu Nasiiir... toloong, saya diancem sama si Jeeek!
Sriiing! Ciaaaattttt! Hadirlah trio pendekar dengan samurai mereka.... Bang Jek langsung mengangkat tangan, menyerah.
Emak gue tertawa penuh kemenangan.




2. Keluarga muda = suaminya ikut. Masih pada muda, kadang-kadang bawa anak bayi. Istrinya wangi-wangi, abis mandi dan pake lipstik. Hmmm... menurut gue sih mubazir banget pake lipstik dan parfum ke pasar. Biasanya para ibu-ibu muda ini minta pertimbangan suaminya untuk belanja, suaminya sok-sok teu juga ngasih saran.
Ibu-ibu : Yang, masak semur aja ya, dagingnya bagus nih...
Suaminya : Terserah yayang aja lah.
Ibu-ibu : Ini daging sapi sekilonya berapa baaaang?
Bang Jek : 80 bu...
Suaminya : *bisik-bisik* mahal yang....
Ibu-ibu : Kalo daging ayam berapa?
Bang Jek : Seekor 20 ribu...
Suaminya : *masih bisik-bisik* Iiiih... ayamnya nggak seger itu, yang! mahal puuun... mendingan bikin semur telor aja, yang!
Bang Jek : *nancepin golok ke leher ayam* yang ga mahal ada nih, daging tokek!




3. Ibu-ibu pamer = Biasanya paling cantik, pake mek ap pull sampe pake bulu mata palsu. High heels is must be, kadang-kadang pake kebaya, perhiasan dan konde an. Jelas tujuannya adalah supaya orang-orang nyangka dia punya status sosial yang tinggi. Suka sok kenal sama ibu-ibu yang lain, senyum-senyum sambil pegang kalun ato gelang emas yang doi pake. Paling anti deh tawar menawar.
Ibu-ibu : Bang Jek, saya mau ikan salmon, paprika, oregano, kaviar sama lemon impor ya...
Bang Jek : *melongo*
Ibu-ibu : oya, jangan lupa bayem, wortel, tomat, sama sawi putih... yang organik lhoooo...
Bang Jek : Craaaak.... *ayan*


4. Ibu-ibu Kepo= Temennya ibu-ibu golongan pertama. Mereka suka ngegosip, cari tau urusan orang, ngejodoh-jodohin orang, dan absolutely... rumpiiii. Emak gue kepo juga sih, cuman ga parah-parah amaaaat... Paling parah di komplek gue mah dipanggilnya bu Hebring. Jelas dong mereka doyan ngegosip dan muji2 dirinya sendiri.
Emak gue : Eeh, Bu Hebring, mo belanja apa nih?
Bu Hebring : Ini lho, bu Yusuf, buat si sulung. dia kan udah mulai kerja, jadinya mau ngadain syukuran pake nasi kuning. eh, bu, si sulung ini kerjanya di Indosat, Bareng sama Jono, anaknya Bu Joko. Padahal waktu tes saingannya banyak banget. Alhamdulillah dia lulus.
Emak Gue : wah, syukurlah...
Bu Hebring : tau nggak bu, katanya si Joni itu kena SP3 di kantornya loooohhh...
Emak gue : Oh ya?
Bu Hebring : Soalnya korupsi, menggelapkan uang kantor sekitar 40 Jutaaaa.... Oh iya, yusi nanti dateng aja ya ke syukurannya. Kalian kan temen kecil, sekalian aja siapa tau ada temennya yang oke buat yusi...
Bang Jek : Lah, bu, bukannya anak ibu keterimanya jadi sekuriti?
Bu Hebring : *menyatukan alis, siap ngegarot bang Jek * Sok tau kamu!
Bang Jek : lah, kata bu Joko....
Gue + Emak gue : *kaburrrrrrr*


Diluar pasar,
Emak gue : Gimana seru kan ke pasar?
gue : *berlutut* Aku mohon ibunda, jangan biarkan saya ke pasar lagi.... saya nggak mau jadi sarimin betulaaaaannnnn!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar